Antara Berbuat Dosa Sambil Tertawa dan Berbuat Taat Sambil Menangis

Sebagian Ahli zuhud berkata, “Barang siapa yang berbuat dosa sambil tertawa, maka Allah akan mencampakkannya ke neraka dalam keadaan menangis. Dan barangsiapa berbuat taat sambil dalam keadaan menangis, maka Allah akan memasukkannya ke dalam syurga sambil tertawa ( gembira ria ).”


Ahli zuhud dimaksud adalah orang-orang yang memandang rendah dunia dan tidak mempedulikannya. Mereka mengambilnya hanya sekadar keperluan yang sangat dibutuhkan saja.

Barang siapa berbuat dosa sambil tertawa, yakni menanggung dosa dengan perasaan gembira dan bangga atas dosa yang dilakukannya itu – seharusnya dia bersedih dan beristighfar kepada Allah SWT agar diampuni dosanya – maka Allah akan memasukkannya ke dalam neraka dalam keadaan menangis.

Dan barangsiapa yang taat kepada Allah, sambil menangis, karena merasa malu kepada Allah dan takut kepada-Nya, jangan jangan dia termasuk orang yang kurang memperhatikan dalam menjalankan ketaatannya itu, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga dengan penuh kegembiraan, karena tercapainya apa yang diinginkan, yaitu pengampunan Allah swt.


Nashoihul Ibad Karya Muhammad Nawawi Al Jawi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: