KETAHUILAH, RASULULLAH SAW MENGAJAK BERLOMBA-LOMBA MELAKUKAN QIYAMULLAIL

“Tidak boleh ada persaingan kecuali dalam dua masalah: seseorang yang diberi pengetahuan tentang Al Qur’an oleh Allah, kemudian dia membacanya di waktu malam dan siang hari dan seseorang yang diberi Allah harta yang banyak, kemudian dia menafahkannya di waktu malam dan di siang hari.”
(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

 

     MUNGKIN dengan Anda mengetahui bahwa Rasulullah SAW mengajak kita berlomba dan menganjurkan kita agar melakukan qiyamullail akan mendorong semangat Anda untuk qiyamullail. Marilah kita memenuhi ajakan beliau dengan penuh antusias, agar kita memperoleh kejayaan di akhirat.

 

Yazid ibn al-Akhnas menuturkan bahwa Nabi SAW bersabda,

“Janganlah ada persaingan di antara kalian, kecuali dalam dua perkara, Seorang lelaki yang diberi Allah pengetahuan tentang Al-Qur’an, kemudian dia membacanya di waktu malam dan siang hari, dan dia mengikuti semua ajarannya. Maka seorang berkata, “Andaikata Allah memberiku pengetahuan tentang Al-Qur’an seperti yang diberikan kepada orang itu, maka aku akan membacanya seperti yang dia lakukan.” Dan seorang lelaki yang diberi harta oleh Allah, sehingga dia selalu menafkahkannya dan bersedekah. Maka orang lain berkata seperti yang dilakukan oleh orang yang pertama.”
(HR. Ath-Thabrani, Al-Kabir)

Ibnu ‘Umar menuturkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Tidak boleh ada persaingan kecuali dalam dua masalah, seseorang yang diberi pengertian Al-Qur’an oleh Allah, kemudian dia membacanya di waktu malam dan siang dan seorang yang diberi Allah harta yang banyak, kemudian dia menafahkannya di waktu malam dan di siang hari.”
(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Daud ath-tha’I berkata, “Aku tidak pernah ingin bersaingin untuk mendapatkan sesuatu kecuali seseorang yang diberi kesempatan dapat melakukan qiyamullail, pada saat itu aku ingin lebih diberi kesempatan melakukan dalam waktu yang lama. (Al-Baghdadi, Trikh al-Baghdad, 8/353)

Seorang penyair berkata,

Bangunlah di tengah malam dan bacalah Al-Qur’an dan janganlah engkau tidur seperti tidurnya seorang yang sedang bingung dan resah

Mungkin kematian akan mendampingimu secara mendadak, sehingga engkau dipindahkan dari tempat tidur kepada kain kafan

Amat beruntung sepasang mata yang menangis di larut malam karena takut kepada Tuhan yang Maha Pemurah[]

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: