Tafakur : Bumi Adalah Sebuah Titik Super Kecil di Angkasa Raya

Firman Allah SWT:

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit & bumi, & silih bergantinya malam & siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,


(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring & mereka memikirkan tentang penciptaan langit & bumi (seraya berkata): 


‘Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.’ “


(Ali Imran 190-191)

Sekilas pengetahuan tentang bumi, di mana pengetahuan ini sudah kita ketahui ketika kita sekolah. Hanya biasanya di sekolah, sudut penghayatan terhadap Sang Maha Pencipta alam semesta itu sendiri sangat kurang. Yaitu, Bumi adalah salah satu planet dari 9 planet yang mengelilingi Matahari yang disebut sebagai Tata Surya. Bumi adalah planet ketiga terdekat ke Matahari setelah Merkurius dan Venus.

Susunan planet yang mengelilingi Matahari dari terdekat hingga terjauh ; Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto.
Mari kita bandingkan :
1. Besar Bumi vs Jupiter :

2. Bumi vs Matahari: 
Besar Matahari = 1,3jt Bumi. Subhaanallah

3. Matahari vs Bintang Arcturus :
4. Matahari vs Bintang Antares :

5. Bintang-bintang vs galaksi Bima Sakti (Milky Way):
Galaksi terdiri dari kumpulan / milyaran bintang. Galaksi yang dihuni Matahari adalah bernama Galaksi Bima Sakti.
Dan bintang-bintang yang terlihat ketika malam adalah di dalam lingkaran kuning pada gambar di bawah ini di galaksi Bima Sakti:
6. Galaksi Bima Sakti dan Ribuaaaaan galaksi lainnya membentuk Cluster atau kumpulan galaksi yang terdiri dari ribuan bahkan milyaran galaksi.

 7. Cluster Galaksi tidak sendirian. Ada banyak lagi Cluster galaksi ribuan bahkan milyaran membentuk kelompok Super Cluster Galaksi,,,, Subahaanallaah dan begitu seterusnya hingga terbentuklah jagat raya.

Sangat sulit dijangkau …. Jagat Raya merupakan alam nyata yang sangat sulit dijangkau karena jauhnya. Hasil foto teleskop Galaksi di atas adalah gambaran galaksi milyaran tahun lalu yang cahayanya baru sampai ke teleskop di bumi. 
Cahaya yang merambat dengan kecepatan yang luarbiasa pun masih kewalahan untuk menjadi satuan ukuran jauh dalam ruang jagat raya ( 1 tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh dalam perjalanan cahaya selama satu tahun bumi (365 hari bumi)). 
Tiada kata yang pantas di ucapkan kecuali… Subhaanallaah, subhaanallaah… Maha hebat Engkau ya Allah… Matahari yang begitu besarnya pun tidak bisa dibandingkan lagi dengan jagat raya yang begini besarnya ciptaan Engkau, maka betapa kerdilnya diri ini ya Allah Tuhan Semesta Alam…
Artikel ini merujuk pada (Silahkan anda kunjungi, disarankan):
dan ;

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: