Kisah Nabi Adam as – Bagian I Pendahuluan

Sebelum Nabi Adam as diciptakan, Allah menciptakan langit dan bumi beserta segala isinya. Langit dan bumi oleh Allah diciptakan dalam waktu enam hari atau enam masa. Allah Maha Kuasa apabila menghendaki sesuatu cukup berfirman, “Kun” Jadilah, maka jadilah apa yang diinginkan-Nya.

Penciptaan Malaikat

Sesudah menciptakan langit dan bumi Allah menciptakan makhluk yang bernama malaikat. Malaikat di buat dari nur atau cahaya. Malaikat diciptakan sebagai makhluk yang selalu tunduk dan patuh, senantiasa berbakti kepada-Nya. Sama sekali tidak pernah durhaka kepada-Nya.

Malaikat tidak mempunyai nafsu, tidak makan dan tidak tidur, tidak melakukan perbuatan dosa. Tidak berjenis kelamin lelaki ataupun perempuan, dan mempunyai alam tersendiri yaitu alam ghaib yang tidak dapat dilihat oleh manusia.

Jin dan Iblis

Jin dan Iblis diciptakan dari api yang sangat panas, sebelum manusia.

“Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.” (QS Al Hijr: 27)

Ia mempunyai jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Jin ada yang patuh dan ada yang ingkar kepada perintah Tuhan. Jin yang ingkar dan membangkang perintah Allah disebut Iblis dan syetan.

Iblis dan keturunannya adalah makhluk yang sangat durhaka dan jahat. Tidak ada kebaikannya sama sekali. Pekerjaan Iblis dan syetan adalah menggoda manusia agar tersesat dan jatuh dalam lembah dosa.

Permintaan Iblis untuk hidup di dunia sampai kiamat dikabulkan Allah.. Sebab dahulu Iblis adalah makhluk yang pernah patuh kepada Allah. Jadi perpanjangan umur bagi Iblis hingga hari kiamat adalah sebagai balasan untuk kebaikkannya di masa lalu sebelum diciptakannya Nabi Adam as. setelah Nabi Adam as diciptakan Allah, iblis menjadi makhluk pembangkang.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: